Kamis, 22 September 2011

Venera Prime D501 - Review

Desain Venera Prime D501


Bodi Venera Prime tidak terlalu bongsor (untuk ukuran ponsel layar sentuh), juga tidak terlalu kecil. Bobotnya pun terbilang ringan dan cukup ramping. Sisi depan ponsel ini disematkan tombol : Call, End Call, Musik dan Kamera, yang terletak di bawah layar. Di bawahnya ada tombol bulat untuk membuka fitur (tombol select).Sekujur bodi dilapisi bahan plastik glossy, yang membuatnya terlihat elegan. Tampilan layar Venera Prime tak setajam ponsel sejenis dari merek ternama, tapi cukup nyaman dilihat. Sayangnya, layar sentuh dirasa kurang sensitif. Layar sudah dibenamkan sensor gerak, tapi hanya untuk mengganti wallpaper dengan menggoyangkan ponsel. Sensor gerak tidak bisa untuk autorotate. Yang sedikit menarik, di layar depan sisi samping disembunyikan ikon menu yang berderet vertikal. Venera Prime tampil minimalis, bodinya hanya dihiasi port Micro USB (kabel data dan charger) serta lubang jack 3,5 mm di bodi bawah. Saat dicoba menghubungkan ponsel ini ke komputer via kabel data, maka ponsel ini bisa bertindak sebagai mass storage, modem atau web cam. Untuk bertindak sebagai mass storage, harus memasukan kartu memori MicroSD. Untuk berfungsi sebagai modem dan web cam harus menginstall driver-nya terlebih dahulu.


Catatan Venera Prime D501


Sensor gerak bisa dinonaktifkan. Ponsel ini tidak menyediakn stylush, jadi mengandalkan sentuhan jari



Fitur Venera Prime D501


 Venera Prime D501 - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Kamera di ponsel ini berdaya 2 megapixels (1600x1200 pixels). Tapi saat dicoba ternyata juga disediakan pilihan 3 megapixels (2048 x 1536 pixels). Kamera dilengkapi fitur Quality, Night Mode, Effect, Continous, Timer, White Balance, EV dan Digital Zoom. Saat memotret, butuh 5 detik untuk menghasilkan foto. juga bisa merekam video berresolusi 352 x 288 pixels (CIF) berformat MP4, dengan daya tangkap cukup cepat. Ponsel ini juga dilengkapi kamera sekunder (di atas layar). Selain untuk webcam, juga bisa memotret (1024x768 pixels) dan bisa merekam video berresolusi CIF.


Meski berdesain layar sentuh tanpa tombol qwerty, tapi Venera Prime tetap menyediakan Facebook dan Twitter untuk ber-social networking. Namun Facebook dan Twitter di sini hanya berupa link ke versi mobile-nya, bukan aplikasi. Fitur hiburan yang disajikan ponsel ini terbilang standar. Seperti Musik Player, Video Player dan FM radio. Musik Player dilengkapi fasilitas shuffle, repeat, equalizer dan 3D sound.


Catatan Venera Prime D501
Hasil foto kedua kamera saat di layar komputer terlihat kurang tajam (foto indoor). Dan untuk video, meski resolusinya kecil tapi terlihat tajam.



Kinerja Venera Prime D501


Beberapa fitur andalan yang seperti sudah dijelaskan dinilai masih kurang maksimal, terutama hasil outputnya. Kekuatan beberapa fiturnya, juga kurang tinggi. Ini mungkin karena bersegmen low end. Selain itu kinerja layar sentuhnya juga terasa kurang responsif. Sehingga membuat kurang nyaman saat menggunakan ponsel ini.


Untuk menunjang kinerjanya, ponsel ini hanya dibekali baterai berkapasitas 800 mAh. Untuk ukuran ponsel berlayar sentuh luas, dirasa masih kurang memadai. Namun resolusi layar yang terlihat kurang tajam, bisa jadi tidak terlalu menguras baterai. Ponsel ini sanggup digunakan seharian.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar